Efriliya Ningsih

Counselor and Copywriter...

Selengkapnya
Navigasi Web

Introvert

Hey hey semua, selamat berpuasa. Semangat! Sebentar lagi buka. Loh?

Hari ini, saya mau share nih seputar kehidupan seorang introvert. Kebetulan, saya sendiri pun ternyata introvert banget.

Nah, bagaimana sih sebenernya kehidupan para introvert?

Yuk, kita bahas bareng. Nanti kalau ada yang kurang atau tidak pas, boleh deh bantu koreksi. Hehe

Ciri pertama introvert yang paling menyolok adalah tertutup. Ya, bagi kami, tertutup tentang banyak hal itu sudah menjadi kebiasaan. Saking sudah terlalu biasanya, kadang orang justru tertipu. Menyangka sudah dalam mengenal, padahal sama sekali belum. Kami tidak pernah menceritakan kehidupan pribadi atau masalah pribadi kami yang sebenarnya. Mengapa? Kami tidak nyaman ketika orang lain mengetahui banyak hal tentang kami. Itulah yang membuat kami cenderung manipulatif.

Kedua, orang introvert lebih nyaman sendiri dan di tempat sepi. Bukan berarti mereka sama sekali tidak bisa berada di keramaian. Bagi introvert, di tempat sepi dan hanya seorang diri membuat mereka mampu mendatangkan ide ide kreatif. Mereka lebih nyaman jalan jalan sendiri, cari makan sendiri, pergi kondangan sendiri. Mereka tidak terlalu sabar jika harus bersama teman, terlalu banyak yang harus dikonfirmasi yang kadang ujungnya justru tidak jadi. Kebiasaan kemana mana sendiri itulah yang kadang membuat mereka dianggap lagi kesepian.

Ketiga, introvert itu cenderung egois. Mereka selalu punya tak tik dan pilah pilih dalam mengikuti sesuatu. Adakah keuntungan buat mereka? Kalau ada, mau gabung. Kalau tidak ada, ya tidak gabung.

Keempat, introvert sangat tidak suka meminjamkan apa saja kepada orang lain. Sekalipun kepada orang yang sudah sangat dekat. Ini sih pengalaman pribadi banget. Dari jaman TK sampai sekarang, saya tuh paling anti meminjamkan barang atau dekat dekat dengan orang yang suka meminjam. Apalagi kalau barang itu seperti laptop, buku yang di sana terdapat banyak privasi. Bahkan sekalipun itu buku paket yang semua orang punya. Kalau pun saya mau meminjamkan, saya harus berada di sampingnya untuk memastikan di peminjam tidak membuka buka lembaran atau file kita.

Kelima, introvert itu sangat tidak suka berbagi. Apalagi berbagi pengetahuan. Haha. Mereka sama sekali tidak suka jalan pikirannya ditebak oleh orang lain. Maka tidak perlu kaget jika kamu bertanya kepada si introvert kemudian mendapat jawaban nyeleneh. Itu adalah strategi mereka buat menghindar agar tidak perlu menjawab detail. Mereka tidak terlalu suka orang lain mengetahui sumber dari mana yang mereka baca, berbagi cerita tentang aktor atau sosok yang mereka suka. Sama sekali tidak suka, mengapa? Sebab mereka tidak mau orang lain ikutan suka. Sebut saja pecemburu berat.

Keenam, introvert itu mempelajari segala sesuatu secara detail namun secara sembunyi-sembunyi. Mereka lebih baik searching dari pada harus bertanya kepada orang lain. Lebih baik menunggu orang bercerita sukarela daripada harus bertanya duluan. Mengapa? Lagi lagi karena mereka tidak suka orang lain tahu apa yang ingin mereka tahu.

Ketujuh, introvert itu tidak pernah mau mempertemukan teman kerja, teman sekolah, teman kuliah, dan teman main di satu tempat yang sama. Mereka tidak suka orang yang mereka kenal juga dikenal orang. Mereka juga cenderung menampilkan karakter berbeda antara satu kelompok dengan kelompok yang lain. Mereka tidak suka orang lain membahas, "eh, dia itu kalau di kantor gimana?". Bahkan saking hati-hatinya, status whatsapp pun bakal disetting, kapan semua orang boleh melihat status saya, kapan status itu hanya boleh dilihat segelintir orang, dan kapan status itu tidak boleh dilihat siapa-siapa.

Kedelapan, mereka kurang nyaman rumahnya dikunjungi orang yang mereka kenal secara dadakan. Orang introvert itu cenderung perfeksionis. Jadi kalau bertamu ya minimal kabari dua hari sebelum datang supaya semuanya bagian rumahnya dibuat mengkilat dan mereka juga sempat menyiapkan apa yang membuat tamunya senang. Bukan berarti di hari biasa mereka jorok ya.

Kesembilan, orang introvert itu moody nya bukan main. Dalam lima menit, mood mereka bisa berapa kali berubah. Tiba-tiba ingin save semua nomor teman, tiba-tiba ingin menghapusnya. Tiba-tiba juga ingin blokir kontak tanpa sebab.

Kesepuluh, orang introvert sangat terganggu saat mereka sedang fokus mengerjakan sesuatu, namun ada orang di sampingnya. Bukan karena tiba-tiba tidak bisa mikir. Mereka tidak suka orang lain mengetahui polanya dalam bekerja dan menyelesaikan sesuatu.

Ya, itulah beberapa ciri introvert. Apakah semuanya ada di dirimu?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hehe ada sebagian, bismillah maaf kak hmm apa kita bisa kenal lebih dekat?

20 May
Balas

Boleh banget, Mbak Saren ..

21 May



search

New Post