Efriliya Ningsih

Counselor and Copywriter...

Selengkapnya
Navigasi Web

Membenci Orang Tanpa Sebab, Tanya Mengapa?

Kali ini saya akan berbagi kisah soal parenting. Sebenarnya ide ini berangkat dari seringnya saya mendapat pertanyaan dari para ibu yang ingin tahu banyak tentang ilmu psikologi.

Saudara-saudara, pernahkah kalian merasa tidak suka dengan orang yang bahkan baru pertama kali kalian temui? Pernahkah tetiba ingin jaga jarak dengan teman yang baru kalian kenal? Pernahkah kalian yang awalnya suka, tanpa alasan yang tidak jelas menjadi tidak suka?

Oke kita akan bahas, untuk beberapa kasus di atas biasanya disebabkan karena diri kita memiliki kemampuan untuk mendeteksi baik atau buruknya orang yang baru saja kita temui. Saat seseorang hendak berniat jahat dengan kita, otomatis niat jahat itu akan menampakkan auranya. Nah, aura tidak baik itulah yang kemudian terbaca oleh perasaan kita yang membuat kita menjadi jaga jarak.

Nah kalau kasusnya dari awalnya suka lalu lama kelamaan menjadi benci bagaimana? Sekali lagi, perasaan itu seperti cermin. Cermin hanya mampu membentuk bayangan sesuai dengan apa yang ada di depannya. Sama saja dengan perasaan kita. Ketika kita mencintai seseorang dengan tulus, tanpa kita bilang pun yang kita cintai akan merasakan cinta kita kemudian memiliki kecenderungan untuk membalas yang serupa. Tetapi jika yang kita cintai itu kemudian cintanya mulai luntur, perasaan cinta kita ke dia pun akan sama lunturnya. Pun ketika kita mulai berusaha melupakan yang kita cintai, otomatis perasaan ingin melupakan kita pun akan dia rasakan. Intinya, perasaan itu memantul. Itulah mengapa setia itu harus terus diusahakan dan diperbarui. Bukan hanya oleh kita, tapi oleh dia juga, mereka juga.

Terus bagaimana dengan kasus anak yang tanpa dia ketahui penyebabnya bisa membenci ayahnya. Padahal kalau dilihat, ayahnya adalah lelaki yang baik?

Nah kalau ini beda kasus. Janin, meskipun masih di dalam kandungan, dia sudah mampu merekam apa saja yang terjadi di sekitarnya. Bisa jadi, dia membenci ayahnya tanpa sebab disebabkan pada saat sang ibu mengandung dirinya, ayahnya pernah tanpa sengaja mengucapkan kalimat kasar kepada ibunya, berlaku kasar kepada sang ibu. Nah, perlakuan saat ia masih dalam kandungan itu terekam kuat di otak bawah sadarnya dan terus terbawa hingga ia lahir dan dewasa. Jadilah sampai besar ia terus membenci, jaga jarak atau tidak pernah bisa dekat dengan ayahnya, walaupun saat ia lahir, ayahnya memperlakukannya dengan baik.

Ada juga kejadian seseorang yang dari lahir hingga dewasa bahkan tua tidak pernah mampu menerima segala yang ada pada dirinya. Sederhana saja alasannya. Kita sering kan mendengar ayah dan ibu nego negoan tentang jenis kelamin janin yang masih dalam kandungan?

Ayah maunya anak kita cewek atau cowok?

Cowok aja deh, mama maunya apa?

Mama sih pinginnya cewek

Ga lah, cowok aja, biar ayah ada temennya

Pak, Bu, jenis kelamin janin yang sedang ibu kandung tuh sudah Allah tentukan jauh sebelum si ibu mengandung. Tidak ada cerita jenis kelamin berubah setelah ayah dan ibu saling nego. Yang ada justru nego negoan itu terekam oleh janin dan efeknya, pada saat lahir anak menjadi pribadi yang tidak mampu menerima diri seutuhnya. Dia perempuan, tapi kelakuannya seperti laki. Atau dia laki, tetapi merasa tidak nyaman berperilaku layaknya seorang lelaki.

Nah sampai di sini, akhirnya kita sadar mengapa kita tidak boleh gagal menjadi orang tua. Tidak boleh bosan mempelajari segala ilmu. Harus melek psikologi. Sebab, salah sedikit saja dalam mengasuh, dampaknya membekas di kepribadian anak.

Ngeri kan? Hehe

Semoga bermanfaat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post