Efriliya Ningsih

Counselor and Copywriter...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengapa Semakin Tua Semakin Sulit Dinasehati?

Hallo teman-teman, merasa ga sih dulu saat kita masih kecil, kita selalu suka dan terbuka untuk mempelajari hal baru. Dikasih tahu tentang apa pun yang masih baru ga takut buat nyoba. Kemudian semakin kita besar, kita mulai mempertahankan diri kita pada hal yang berdasarkan pengalaman kita itulah yang paling benar. Semakin kita bertambah usia, semakin kita bertahan pada keputusan maupun teori yang itu itu saja. Kita jadi terkesan monoton dan mengalami kesulitan beranjak jika diminta mencoba sesuatu yang baru. Ya, kita sudah memiliki prinsip sesuai pengalaman hidup kita.

Merasa juga kan kalau kita berada di tempat kerja. Meskipun tidak semua, tetapi hampir rata-rata para karyawan yang lebih tua cenderung menolak jika para pegawai junior menawarkan ide baru untuk perkembangan instansinya. Apa pun masalahnya, diatasi dengan treatmen yang sama. Mereka yang senior apalagi sepuh cenderung membandel saat menerima ilmu baru.

Sebenarnya alasannya sangat simpel. Anak kecil itu persis seperti buah yang masih kecil. Buah (misal manggal) kalau masih kecil pasti masih berwarna hijau, masih bisa bertambah ukuran dari kecil menjadi besar, masih bisa berubah warna menjadi kuning, bahkan orange. Anak kecil pun demikian, saat kecil dia masih sangat butuh ilmu, apa pun akan dipelajari, segala nasehat banyak diterima, segala yang baru maunya dicoba, karena dia butuh untuk mengembangkan dirinya menjadi pribadi yang matang dan bermanfaat.

Sedangkan orang tua, mereka persis seperti mangga yang sudah matang, warna kuning, dan daging buahnya sudah empuk. Buah yang sudah matang, kalau dipaksa untuk lebih matang lagi, maka tak ada pilihan kecuali akan berubah jadi lonyot bahkan busuk. Sama halnya dengan orang tua, semakin tua semakin susah dibilangin, karena memang pikiran mereka sudah matang. Kalau dipaksa menjadi lebih matang lagi, yo akhirnya juga lonyot itu tadi. Hehe

Hanya sekedar sharing, mohon jangan tersinggung, itu hanya permisalan saja, Pak, Bu. Hehe

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih sharingnya Bun.

09 Mar
Balas

Terima kasih juga Bu Rini sudah mampir di tulisan saya

09 Mar



search

New Post